Dalam hidup, pasti ada saja bermacam
permasalahan yang kita hadapi. Bisa di rumah, di kampus, ataupun di kantor,
kita pastinya tidak bisa mengontrol lingkungan. Kita tidak mungkin bisa memaksa
lingkungan berjalan sesuai keinginan kita. Saat lingkungan terasa tidak
menyenangkan, maka biasanya akan muncul perasaan-perasaan negatif seperti
sedih, cemas, takut, kecewa, atau lainnya.
Sikap mengeluh ini pastinya akan
berpengaruh ke prestasi kerja. Fokus dan passion untuk menyelesaikan pekerjaan
menjadi hilang. Sebenarnya, merupakan suatu hal yang manusiawi jika kita
merasakan emosi yang negatif seperti sedih, cemas, takut, atau kecewa tadi.
Yang harus diperhatikan adalah, apakah kamu bisa menyalurkan emosi negatif ini
secara sehat, atau malah jadinya tenggelam di emosi negatif yang tengah kamu
rasakan?
Tidak bisa dipungkiri, stres karena
deadline, target kerja, pekerjaan yang overload, adalah situasi yang umum
dihadapi setiap pekerja. Untuk mengatasinya jangan dengan mengeluh saja, karena
mengeluh tidak akan menyelesaikan masalah yang terjadi. Justru, dapat membuat
suasana kantor menjadi semakin tidak menyenangkan.
Bagaimana mengatasi emosi negatif
ini? Yang pasti, jangan mengeluh. Lalu, kembangkanlah gaya berpikir positif.
Jangan selalu melihat sisi buruk/negatif dari suatu peristiwa. Carilah hikmah
dan pelajaran yang bisa dipetik dari peristiwa tersebut. Jadikan sebagai
pelajaran, agar di masa depan menjadi lebih baik dan tidak sampai kembali
mengalami kejadian yang sama. Hal lain, work-life balance. Seimbangkan antara
aktivitas bekerja dan rekreasi (misalnya, mengerjakan hobi dan kegemaran), untuk
menghilangkan rasa penat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar